RPP TEKS DESKRIPSI 1.2 REVISI 2016
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
RPP (1.2)
Sekolah
: SMPN 5
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VII/1
Materi
Pokok : Mengidentifikasi
informasi dalam teks deskripsi
Alokasi
Waktu :
3 x 40 menit
Kompetensi
Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
- Menyebutkan tiga ciri teks deskripsi dengan lengkap.
- Menjelaskan ciri tujuan teks deskripsi dengan benar.
- Menjelaskan ciri objek yang dideskripsikan dengan benar.
- Menjelaskan ciri isi teks deskripsi dengan benar.
- Menentukan jenis teks deskripsi dengan tepat.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1
Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat
wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar
dan dibaca
Indikator
- Mendaftar ciri teks deskripsi.
- Menentukan ciri teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar.
- Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.
Materi
Pembelajaran
Materi
Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
Teks
deskripsi
- Ciri umum teks deskripsi
- Struktur teks deskripsi
- Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
- Jenis teks deskripsi
- Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Materi
Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
Teks
deskripsi
- Ciri umum teks deskripsi
- Struktur teks deskripsi
- Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
- Jenis teks deskripsi
- Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
Teks
deskripsi
- Ciri umum teks deskripsi
- Struktur teks deskripsi
- Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
- Jenis teks deskripsi
- Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Sikap
utama yang ditumbuhkan: peduli, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode
Pembelajaran
Tanya
jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media
Pembelajaran
Video
Teks
deskripsi
Sumber
Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
- Lingkungan Sekitar.
- http://kecilnyaaku.com
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
- Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
- Mengungkapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Bertanya jawab tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
Kegiatan
Inti
Mengamati
:
Peserta
didik membaca beberapa teks deskripsi secara cermat.
Menanya
:
Setelah
mencermati beberapa teks deskripsi, peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang
jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengumpulkan
Informasi:
- Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengasosiasi:
- Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik menelaah kembali tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang harus direvisi terkait dengan jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik menuliskan kembali hasil perbaikan atau hasil revisi tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya dengan baik dan benar.
- Peserta didik membaca dan mendiskusikan tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik dalam kelompoknya menyusun jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengomunikasikan
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
- Peserta didik membacakan hasil tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Penutup
- Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan Peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
- Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
Penilaian
Pengetahuan
Teknik
: Tes tulis
Bentuk
: Uraian
Indikator
Soal :
Disajikan
teks deskripsi
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
- Sebutkan tiga ciri teks deskripsi dengan lengkap!
- Jelaskan ciri tujuan teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar!
- Jelaskan ciri objek yang dideskripsikan!
- Jelaskan ciri isi teks deskripsi!
- Tentukan jenis teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar!
Penilaian
Keterampilan
Teknik
: Produk
Instrumen
Tugas
- Membaca teks deskripsi.
- Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Pembelajaran
Remedial
Aktivitas
kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang,
bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan
kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi
waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran
Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman
Penskoran :
Aspek
|
Skor
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
Skor
maksimal
|
25
|
Skor
akhir
|
=
|
Skor
yang diperoleh
|
x
100
|
Dibagi
Skor Maksimal
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
|
Bontang,
Guru
Mata Pelajaran
NIP.
-
|