RPP TEKS DESKRIPSI 1.2 REVISI 2016

April 14, 2017 Add Comment



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1.2)
Sekolah                       :  SMPN 5 
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/1
Materi Pokok              :  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
Alokasi Waktu            :  3 x 40 menit

Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menyebutkan tiga ciri teks deskripsi dengan lengkap.
  2. Menjelaskan ciri tujuan teks deskripsi dengan benar.
  3. Menjelaskan ciri objek yang dideskripsikan dengan benar.
  4. Menjelaskan ciri isi teks deskripsi dengan benar.
  5. Menentukan jenis teks deskripsi dengan tepat.

Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Indikator
  • Mendaftar ciri teks deskripsi.
  • Menentukan ciri teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar.
  • Menentukan jenis teks deskripsi pada teks yang dibaca/didengar.

Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Struktur teks deskripsi
  • Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
  • Jenis teks deskripsi
  • Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Struktur teks deskripsi
  • Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
  • Jenis teks deskripsi
  • Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Struktur teks deskripsi
  • Pola pengembangan isi pada teks deskripsi
  • Jenis teks deskripsi
  • Kaidah kebahasaan pada teks deskripsi
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks deskripsi

Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
  • Lingkungan Sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
  • Mengungkapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
Kegiatan Inti
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks deskripsi secara cermat.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks deskripsi, peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengumpulkan Informasi:
  • Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengasosiasi:
  • Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik menelaah kembali tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang harus direvisi terkait dengan jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik menuliskan kembali hasil perbaikan atau hasil revisi tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya dengan baik dan benar.
  • Peserta didik membaca dan mendiskusikan tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik dalam kelompoknya menyusun jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Mengomunikasikan
  • Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
  • Peserta didik membacakan hasil tentang jenis dan ciri teks deskripsi yang mencakup struktur dan kaidah kebahasaannya.
Penutup
  • Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan Peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  • Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Uraian
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
  1. Sebutkan tiga ciri teks deskripsi dengan lengkap!
  2. Jelaskan ciri tujuan teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar!
  3. Jelaskan ciri objek yang dideskripsikan!
  4. Jelaskan ciri isi teks deskripsi!
  5. Tentukan jenis teks deskripsi dari teks yang dibaca/didengar!
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Instrumen
Tugas
  • Membaca teks deskripsi.
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
Skor maksimal
25

Skor akhir
=
Skor yang diperoleh
x 100
Dibagi Skor Maksimal


Mengetahui,
Kepala Sekolah






Bontang,      
Guru Mata Pelajaran




NIP. -


RPP TEKS DESKRIPSI 1.1 REVISI 2016

April 13, 2017 Add Comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1.1)
Sekolah                       :  SMPN 5 
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia    
Kelas/Semester            :  VII/1
Materi Pokok              :  Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi
Alokasi Waktu            :  3 x 40 menit

Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menyebutkan tiga contoh objek yang bisa dideskripsikan.
  2. Membacakan teks deskripsi secara cermat.
  3. Menjelaskan hal yang digambarkan pada teks deskripsi dengan tepat.
  4. Menjelaskan ciri umum teks deskripsi dari segi tujuan komunikasi dengan benar.
  5. Merumuskan pengertian teks deskripsi dengan benar.

Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi tentang objek (sekolah, tempat wisata, tempat bersejarah, dan atau suasana pentas seni daerah) yang didengar dan dibaca
Indikator
  • Mengamati model-model teks deskripsi.
  • Menjelaskan hal yang digambarkan dalam isi teks deskripsi
  • Menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar.
  • Merumuskan pengertian teks deskripsi

Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Isi teks deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Tujuan komunikasi teks deskripsi
  • Pengertian teks deskripsi
Materi Pembelajaran Remedial
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Isi teks deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Tujuan komunikasi teks deskripsi
  • Pengertian teks deskripsi
Materi Pembelajaran Pengayaan
Pengetahuan
Teks  deskripsi
  • Isi teks deskripsi
  • Ciri umum teks deskripsi
  • Tujuan komunikasi teks deskripsi
  • Pengertian teks deskripsi
Sikap utama yang ditumbuhkan: peduli, toleran dan kerjasama, proaktif, dan kreatif.

Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi 
Penugasan
Latihan

Media Pembelajaran
Video
Teks deskripsi

Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
  • Lingkungan Sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  1. Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, mengabsen siswa dan perkenalan.
  2. Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran ketika di SD dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  3. Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi dalam kehidupan sehari-hari. Pada bagian awal ini siswa disadarkan adanya teks deskripsi dalam komunikasi nyata (pada majalah perjalanan, pada novel, dan ragam komunikasi yang lain).Ini bertujuan agar siswa lebih menyadari manfaat praktis untuk berkontribusi dalam masyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai jenis teks digunakan secara bersamaan atau sendiri-sendiri. Setiap jenis teks memiliki fungsi yang saling berkaitan.
  4. Dibuka dengan contoh teks deskripsi yang berupa nyanyian deskripsi (Rayuan Pulau Kelapa).
  5. Bertanya jawab tentang kata kunci pada lagu dan hubungannya dengan teks deskripsi.
  6. Mengungkapkan kompetensi dasar dan indikator yang akan dicapai.
  7. Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang pada KD 2
Kegiatan Inti
Mengamati :
Peserta didik membaca beberapa teks deskripsi baik bersama-sama atau ditunjuk bergiliran.
Menanya :
Setelah mencermati beberapa teks deskripsi, peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi.
Setelah mencermati beberapa teks deskripsi, peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang pengertian teks deskripsi.
Mengumpulkan Informasi:
  1. Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membahas pertanyaan-pertanyaan yang muncul berkaitan dengan hasil pengamatan peserta didik terhadap ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi.
  2. Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi.
  3. Peserta didik diarahkan untuk berpikir tentang pengertian teks deskripsi.
Mengasosiasi:
  1. Peserta didik membandingkan hasil analisis terhadap ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
  2. Peserta didik menelaah kembali ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
  3. Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang harus direvisi terkait ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
  4. Peserta didik menuliskan kembali hasil perbaikan atau hasil revisi teks deskripsi dengan baik dan benar.
  5. Peserta didik membaca dan mendiskusikan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
  6. Peserta didik dalam kelompoknya menyusun ringkasan teks deskripsi berdasarkan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi.
  7. Peserta didik berdiskusi untuk menentukan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan mengartikan teks deskripsi.
Mengomunikasikan.
  1. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi tentang ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
  2. Peserta didik membacakan rangkuman tentang ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan tujuan komunikasi dan pengertian teks deskripsi.
Penutup
  1. Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  2. Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  3. Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  4. Mewajibkan Peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  5. Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes lisan dan Tes tulis
Bentuk            :  Uraian
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
  1. Sebutkan tiga contoh objek yang bisa dideskripsikan!
  2. Bacalah sebuah teks deskripsi secara cermat!
  3. Menggambarkan hal apa teks deskripsi yang kalian baca tersebut?
  4. Jelaskan ciri umum teks deskripsi dari segi tujuan!
  5. Apa teks deskripsi itu?
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Instrumen
Tugas
  • Membaca teks deskripsi.
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian).
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.

Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
Skor maksimal
25

Skor akhir
=
Skor yang diperoleh
x 100
Dibagi Skor Maksimal



Mengetahui,
Kepala Sekolah




NIP.

Bontang,      
Guru Mata Pelajaran




NIP. -


search