RPP TEKS DESKRIPSI 1.4 REVISI 2016
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1.4)
Sekolah
: SMPN 5
Mata
Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: VII/1
Materi
Pokok : Menentukan isi
teks deskripsi objek
Alokasi
Waktu :
2 x 40 menit
Kompetensi
Inti :
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
Pembelajaran Berbasis Masalah, peserta didik diharapkan dapat:
- Memetakan isi teks deskripsi berdasarkan topik yang dibicarakan dengan cermat.
- Memetakan isi teks deskripsi berdasarkan bagian-bagian teks dengan benar.
- Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi dengan benar.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1
Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas
seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
- Memetakan isi teks deskripsi
- Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi
Materi
Pembelajaran
Materi
Pembelajaran Reguler
Keterampilan
- Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
- Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Materi
Pembelajaran Remedial
Keterampilan
- Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
- Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Keterampilan
- Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
- Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
- Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Sikap
utama yang ditumbuhkan: jujur berkarya, tanggung jawab, proaktif, dan kreatif.
(Pengembangan
Materi: terlampir di sini ….)
Metode
Pembelajaran
Tanya
jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media
Pembelajaran
Video
Teks
deskripsi
Sumber
Belajar
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
- Lingkungan Sekitar.
- http://kecilnyaaku.com
Kegiatan
Pembelajaran
Pendahuluan
- Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
- Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
- Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
- Mengungkapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
- Bertanya jawab tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.
- Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
Kegiatan
Inti
Tahap
1: Orientasi terhadap masalah
Guru
menyajikan masalah nyata kepada peserta didik tentang teks deskripsi objek
(tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll.)
Tahap
2: Organisasi belajar
- Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata tentang isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
- Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
- Peserta didik berbagi peran/tugas untuk memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
Tahap
3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru
membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan,
konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif
penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya).
Tahap
4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
- Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah tentang memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang mereka temukan.
- Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya), misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
Tahap
5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru
memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
proses penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan
bagian-bagiannya).
Penutup
- Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
- Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
- Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
- Mewajibkan peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
- Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
Penilaian
Pengetahuan
Teknik
: Tes tulis
Bentuk
: Uraian
Indikator
Soal :
Disajikan
teks deskripsi Ayah, Panutanku
Jawablah
pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
- Petakan isi teks deskripsi berdasarkan topik yang dibicarakan!
- Petakan isi teks deskripsi berdasarkan bagian-bagian teks!
- Jawablah pertanyaan tentang isi teks deskripsi berikut!
Penilaian
Keterampilan
Teknik
: Produk
Instrumen
Tugas
- Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Pembelajaran
Remedial
Aktivitas
kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang,
bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu,
sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran
Pengayaan
Kegiatan
pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi
waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman
Penskoran :
Aspek
|
Skor
|
·
Jawaban sempurna
|
5
|
·
Jawaban kurang sempurna
|
3
|
·
Jawaban tidak sempurna
|
1
|
Skor
maksimal
|
15
|
Skor
akhir
|
=
|
Skor
yang diperoleh
|
x
100
|
Dibagi
Skor Maksimal
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
NIP.
|
|
Bontang,
Guru
Mata Pelajaran
.
NIP.
-
|