RPP TEKS DESKRIPSI 1.4 REVISI 2016

Oktober 25, 2017 Add Comment

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1.4)
Sekolah                       :  SMPN 5 
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/1
Materi Pokok              :  Menentukan isi teks deskripsi objek
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit

Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Memetakan isi teks deskripsi berdasarkan topik yang dibicarakan dengan cermat.
  2. Memetakan isi teks deskripsi berdasarkan bagian-bagian teks dengan benar.
  3. Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi dengan benar.

Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
  • Memetakan isi teks deskripsi
  • Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi

Materi Pembelajaran
Materi Pembelajaran Reguler
Keterampilan
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Materi Pembelajaran Remedial
Keterampilan
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Materi Pembelajaran Pengayaan
Keterampilan
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menentukan pola pengembangan isi teks
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Sikap utama yang ditumbuhkan: jujur berkarya, tanggung jawab, proaktif, dan kreatif.
(Pengembangan Materi: terlampir di sini ….)

Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran

Video
Teks deskripsi



Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
  • Lingkungan Sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com
Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
  • Mengungkapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.
Kegiatan Inti
Tahap 1: Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik tentang teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll.)
Tahap 2: Organisasi belajar
  • Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata tentang isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
  • Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan untuk memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
  • Peserta didik berbagi peran/tugas untuk memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
Tahap 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan berbagai alternatif penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
Tahap 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
  • Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah tentang memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya) yang mereka temukan.
  • Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya), misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
Tahap 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah dalam memetakan isi teks deskripsi (topik dan bagian-bagiannya).
Penutup
  • Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Siswa bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  • Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Uraian
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi Ayah, Panutanku
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
  1. Petakan isi teks deskripsi berdasarkan topik yang dibicarakan!
  2. Petakan isi teks deskripsi berdasarkan bagian-bagian teks!
  3. Jawablah pertanyaan tentang isi teks deskripsi berikut!

Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Instrumen
Tugas
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik,
alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
Skor maksimal
15

Skor akhir
=
Skor yang diperoleh
x 100
Dibagi Skor Maksimal

Mengetahui,
Kepala Sekolah




NIP.

Bontang,      
Guru Mata Pelajaran



.
NIP. -

RPP TEKS DESKRIPSI 1.3 REVISI 2016

Oktober 25, 2017 Add Comment
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP (1.3)
Sekolah                       :  SMPN 5 
Mata Pelajaran            :  Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            :  VII/1
Materi Pokok                :  Menentukan isi teks deskripsi objek
Alokasi Waktu            :  2 x 40 menit

Kompetensi Inti :
  1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Tujuan Pembelajaran
Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, peserta didik diharapkan dapat:
  1. Menentukan ciri tujuan teks deskripsi dengan benar.
  2. Menentukan ciri objek yang dideskripsikan dengan benar.
  3. Menentukan ciri isi teks deskripsi dengan benar.
  4. Mendaftar kata berimbuhan me-N yang terdapat dalam teks dengan cermat.
  5. Menulisankan kata berawalan me-N yang dirangkai dengan kata yang diawali huruf k, p, t, s dengan benar

Kompetensi  Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
4.1 Menentukan isi teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll) yang didengar dan dibaca.
Indikator
  • Mengerjakan sejumlah kegiatan secara berkelompok dan individual untuk menentukan isi dan ciri-cirinya berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
  • Mengidentifikasi model teks deskripsi lainnya dari berbagai sumber untuk menentukan isi dan ciri-cirinya.

Materi Pembelajaran

Materi Pembelajaran Reguler
Keterampilan
Teks  deskripsi
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan

Materi Pembelajaran Remedial
Teks  deskripsi
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan

Materi Pembelajaran Pengayaan
Teks  deskripsi
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
  • Praktik menerapkan kaidah kebahasaan
Sikap utama yang ditumbuhkan: toleran dan kerjasama, tanggung jawab, proaktif, dan kreatif.
(Pengembangan Materi: terlampir di sini ….)

Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Diskusi
Penugasan
Latihan
Media Pembelajaran
Video
Teks deskripsi
Sumber Belajar
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 1 s.d 12.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2016. Buku Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs. Kelas VII. Halaman 33 s.d 39.
  • Lingkungan Sekitar.
  • http://kecilnyaaku.com

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
  • Mengucapkan salam, berdo’a, mengondisikan kelas ke dalam situasi belajar, dan mengabsen siswa.
  • Guru bertanya-jawab tentang bentuk teks deskripsi pada pembelajaran sebelumnya dan mengaitkannya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
  • Dibuka dengan hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat menggairahkan peserta didik untuk belajar.
  • Mengungkapkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Bertanya jawab tentang manfaat pembelajaran yang akan dipelajari.
  • Membangun konteks untuk menumbuhkan sikap yang telah dirancang.

Kegiatan Inti
Tahap 1: Orientasi terhadap masalah
Guru menyajikan masalah nyata kepada peserta didik tentang teks deskripsi objek (tempat wisata, tempat bersejarah, pentas seni daerah, kain tradisional, dll.)
Tahap 2: Organisasi belajar
Guru memfasilitasi peserta didik untuk memahami masalah nyata tentang isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan apa yang perlu dilakukan dalam menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
Peserta didik berbagi peran/tugas untuk menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
Tahap 3: Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
Tahap 4: Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah tentang cara menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.
Peserta didik menyusun laporan hasil penyelesaian masalah dalam menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya, misalnya dalam bentuk gagasan, model, bagan, atau Power Point slides.
Tahap 5: Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah dalam menentukan isi dan ciri-ciri teks deskripsi berdasarkan struktur dan kaidah-kaidahnya.

Penutup
  • Peserta didik bersama guru menyimpulkan butir-butir pokok materi yang telah dipelajari.
  • Peserta didik bersama guru melakukan indentifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Peserta didik menerima umpan balik tentang proses pembelajaran.
  • Mewajibkan Peserta didik untuk membaca buku yang berkaitan dengan objek-objek di Nusantara baik mengenai wisata, kuliner, situs sejarah, museum, taman nasional, dan lain-lain. Hasil bacaan siswa dituangkan pada jurnal harian berikut. Sikap yang ditekankan adalah minat baca yang tinggi, rasa tanggung jawab, dan kejujuran dalam melakukan tugas.
  • Peserta didik menerima penyampaian tentang kegiatan pembelajaran pertemuan berikutnya.

Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian Pengetahuan
Teknik             :  Tes tulis
Bentuk            :  Uraian
Indikator Soal :
Disajikan teks deskripsi  
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan pemahamanmu terhadap teks!
  1. Tentukan ciri tujuan teks deskripsi yang kamu baca dengan benar.
  2. Tentukan ciri objek yang dideskripsikan dengan benar.
  3. Tentukan ciri isi teks deskripsi dengan benar.
  4. Daftarlah kata berimbuhan me-N yang terdapat dalam teks!
  5. Tulisankan kata berawalan me-N yang dirangkai dengan kata yang diawali dengan huruf k, p, t, s!
Penilaian Keterampilan
Teknik             :  Produk
Instrumen
Tugas
  • Praktik memahami isi teks deskripsi (menjawab pertanyaan hal yang dideskripsikan, apa saja informasi rincian)
Pembelajaran Remedial
Aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, yang dapat berupa: pembelajaran ulang, bimbingan perorangan, belajar kelompok atau tutor sebaya dengan merumuskan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
Pembelajaran Pengayaan
Kegiatan pembelajaran pengayaan dirumuskan sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.


Pedoman Penskoran :
Aspek
Skor
·         Jawaban sempurna
5
·         Jawaban kurang sempurna
3
·         Jawaban tidak sempurna
1
Skor maksimal
25

Skor akhir
=
Skor yang diperoleh
x 100
Dibagi Skor Maksimal



Mengetahui,
Kepala Sekolah




NIP.

Bontang,      
Guru Mata Pelajaran


.
NIP. -

search